Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang  

Profil Karang Jahe Beach

UBAIDILLAH | 28 Februari 2017 06:52:13 | Karang Jahe Beach (KJB) | 260 Kali

PROFIL WISATA BAHARI KARANG JAHE BEACH (KJB)

Pada awal mulanya dengan tujuan untuk mengurangi abrasi pantai dilakukanlah penanaman ribuan pohon cemara, hal tersebut ternyata memberikan hasil melebihi apa yang diharapkan.  Pohon cemara tumbuh dengan baik disepanjang tepian pantai dan sekarang tingginya ada yang sudah mencapai  tiga meter lebih. Tempat Wisata Pantai Karang Jahe ini untuk menjangkaunya cukup mudah, Pantai ini berada sebelah utara Desa Punjulharjo yang berada di tengah – tengah jalur utama pantura kabupaten Rembang – Lasem, lebih tepatnya di JL. Rembang – Lasem Km 7.5 Desa Punjulharjo Kabupaten Rembang. Sebelum masuk ada gapura yang bertulisakan Desa Punjulharjo masuk ke arah utara lebih kurang 800 meteran.

Pantai yang mempunyai keunggulan hamparan pasir putih dan ribuan pohon cemara sepanjang  1,5 KM kini bisa menjadi tujuan wisata bagi masyarakat yang ingin merasakan sensasi keindahan laut dengan barisan pohon cemara yang rindang dan hamparan butiran-butiran pasir putih yang masih bersih dan natural.

 

Apa yang bisa kita lakukan di KJB?

  • Berenang

Seperti kebanyakan pantai disebelah utara pulau jawa karakteristik pantai Karangjahe adalah pantai yang landai/dangkal, sehingga cukup aman untuk berenang bersama keluarga.

 

  • Sunrise dan Sunset

Menikmati indahnya sunrise atau sunset menjadi pilihan yang layak untuk diperhitungkan sebagai destinasi wisata anda bersama keluarga.

 

  • Bermain Pasir

Pantai Karangjahe memiliki pasir putih yang masih bersih, sehingga nyaman bagi kita yang ingin sekedar jalan-jalan ataupun membuat istana pasir.

 

  • Mengendarai ATV

Bagi pengunjung yang menginginkan tantangan di Pantai karang Jahe juga disediakan wahana permainan ATV.

 

  • Kegiatan Outbound

Dengan view latar belakang yang sangat indah, akan sangat menyenangkan untuk melakukan kegiatan outbond di Pantai Karang Jahe.

  

  • Berlayar

Dengan menggunakan perahu wisata pengunjung akan dibawa berlayar ke Terumbu Karang jahe, Pulau Siwalan maupun ke Pulau Gede.

 

  • Belajar proses pembuatan garam rakyat

Pantai Karang Jahe juga menawarkan wisata pendidikan, yaitu mengetahui proses pembuatan garam rakyat.

 

  • Kopi darat berbagai komunitas

Untuk mempunyai komunitas motor, mobil, vespa, dll pantai Karang jahe adalah tempat yang sangat cocok untuk kegiatan ini.

 

  • Foto session pre wedding atau foto session model

Dengan pemandangan yang begitu indah banyak fotografer yang merekomendasikan tempat ini sebagai background Foto session pre wedding atau foto session model.

 

  • Wedding Party

Demikian halnya untuk yang ingin moment dalam hidupnya menjadi sangat berkesan maka outdoor party di Pantai Karang Jahe adalah tempat yang cocok untuk wedding party.

 

Sarana dan Fasilitas

  1. Sekretariat
  2. Papan Informasi
  3. Home stay
  4. Fasilitas MCK
  5. Mushola
  6. Tempat outbond
  7. Camping Ground
  8. Lokasi Parkir yang memadai
  9. Lapangan volley pantai
  10. Kursi Pantai
  11. Gazebo
  12. Souvenir

 

Jumlah Kunjungan Wisatawan Tahun 2016

  1. Wisatawan Nusantara           : 694.480 orang
  2. Wisatawan manca Negara     : 5 orang

 

Potensi yang bisa dikembangkan di lokasi wisata Karang Jahe Beach

  1. Terumbu Karang

Pantai karang jahe juga menyimpan potensi luar biasa yang belum tersentuh, yaitu terumbu karang. Terumbu karang yang sampai saat ini masih terjaga, blm bisa dimaksimalkan sebagai salah satu paket wisata karena kurangnya tenaga ahli di bidang selam ataupun perlengkapan selam yang mahal.

      2. Rumah makan khas Karang Jahe

Kebanyakan pengunjung ingin menikmati makanan khas Rembang atau khususnya Desa Punjulharjo seperti Bandeng bakar ataupun Lontong tuyuhan.

      3. Agrowisata

Satu yang sangat berpotensi untuk pengembangan kawasan wisata Karang Jahe Beach adalah adanya agrowisata yang bisa menarik pengunjung. Saat ini memang sudah ada agrowisata berupa buah semangka yang banyak hidup didaerah pesisir disamping karena hanya musiman, sepertinya promosi yang kurang gencar adalah salah satu penyebab ini belum bisa salah satu wisata andalan di kawasan wisata Karang Jahe Beach.

      4. Penyusuran sungai

Potensi yang selanjutnya adalah sungai, tapi sayang sungai yang ada adalah sungai yang sempit dan dangkal sehingga belum bisa dimaksimalkan.

      5. Telisik Kampung

Banyak hal menarik yang bisa kita lihat dari kegiatan telisik kampung, seperti kearifan lokal masyarakat pedesaan, rumah-rumah joglo (kuno), dan yang paling menarik ada satu lagi potensi wisata yang luar biasa adalah Situs Perahu kuno.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Rembang-Lasem KM. 08
Desa : PUNJULHARJO
Kecamatan : REMBANG
Kabupaten : REMBANG
Kodepos : 59251
Telepon :
Email : punjulharjo.berkah@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung