Pengelolaan informasi desa yang transparan dan akuntabel menjadi syarat utama untuk mewujudkan desa yang berdaya, namun pada kenyataannya banyak tantangan yang dihadapi desa. Mulai dari data kependudukan yang kurang valid, pelayanan administrasi publik yang lambat, Dokumentasi tidak rapi, masyarakat tidak terlibat dan penyediaan data yang lambat.
Menghadapi tantangan di atas maka Desa Punjulharjo mulai tahun 2017 ini menerapkan aplikasi sistem informasi desa, yang berisi Pengelolaan data kependudukan, data potensi desa sebagai dasar perencanaan pembangunan desa. Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan.
Selain itu website desa juga berisi berita desa, agenda desa serta produk unggulan desa yang bisa diakses, siapapun, kapanpun dan dimanapun. Warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa.
Lebih dari itu, di dalam sistem Informasi Desa ini juga ada kolom layanan mandiri yang memungkinkan untuk memberi kesempatan kepada warga untuk mengecek biodatanya sendiri, sehingga ketika ada kesalahan biodata bisa langsung menyampaikan kesalahan data untuk dilakukan perbaikan. Setiap warga bisa datang ke balai desa untuk mendapatkan PIN sehingga bisa mengecek profil pribadi masing-masing.